Melayani digital printing cepat dan percetakan murah Jakarta.

Rabu, 04 Maret 2020

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Jilid Spiral Kawat?

Penjilidan merupakan salah satu hal yang sangat familiar dalam kehidupan sehari – hari, terutama bagi Anda yang berkutat di dunia pendidikan dana tau yang bekerja pada bagian administrasi. Ya, penjilidan akan sangat berguna terutama untuk menggabungkan file – file menjadi suatu topik sehingga dapat terlihat seperti layaknya buku yang memiliki cover.


Seperti yang kita ketahui bahwa penjilidan dapat dilakukan dengan 2 jenis, yakni jilid lakban dan jilid spiral. Jilid lakban menggunakan lakban sedangkan untuk jilid spiral dapat menggunakan plastik atau kawat. Nah, kali ini Saya ingin membahas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan jika Anda menggunakan jenis jilid spiral, terutama jilid spiral kawat :

Kelebihan Jilid Spiral Kawat
  • Jilid spiral kawat dapat memberikan tampilan yang profesional
  • Jilid spiral kawat dapat terbuka dengan sempurna tanpa perlu Anda takut di bagian dalam buku tersobek atau terlepas.
  • Buku yang Anda buat dengan menggunakan jilid spiral nantinya dapat Anda takut dan bahkan dapat diputar 180 derajat, sehingga untuk Anda yang menggunakannya dapat sangat nyaman tanpa harus khawatir buku lepas dari covernya atau lain sebagainya.
Sedangkan untuk kekurangan yang mungkin nantinya Anda temui pada saat Anda menggunakan jenis spiral kawat antara lain sebagai berikut :

Kekurangan Jilid Spiral Kawat
  • Harga yang nantinya harus dibayarkan relatif lebih mahal
  • Sangat diperlukan investasi mesin, dimana Anda harus memiliki mesin yang dapat melakukan proses penjilidan spiral kawat ini.
  • Orang yang melakukan harus ahli dan berpengalaman dalam hal jilid spiral kawat. Sebab, jika tidak, tentunya akan kebingungan dalam memasangkan kawat terhadap lubang – lubang yang tersedia.
  • Perlu dilakukan persediaan beberapa stok spiral dengan ukuran yang bervariasi mengingat jenis buku dan ketebalan buku antara satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan.
  • Untuk jilid spiral kawat hanya tersedia warna hitam dan putih.
Nah, itu dia beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan jilid spiral kawat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Jilid Spiral Kawat?